Skip to main content

Perubahan Diri dan Perubahan Iklim

  Sumber : Iberdrola Apakah kalian pernah menonton film yang berhubungan dengan isu-isu perubahan iklim? Saya sering. Entah kenapa saya sangat tertarik menonton film-film yang menjurus ke akhir zaman. Walaupun film-film ini menimbulkan rasa gelisah dan khawatir, itu membuat saya realise, bahwa hal-hal yang ditampilkan dalam film tersebut bisa saja terjadi dan waktu yang tinggal menjawab.  Film-film yang berhubungan dengan isu lingkungan ini sebenarnya ingin memberikan pesan positif kepada penontonnya. Bahwa kita sebagai penghuni bumi tidak bisa bertindak seenaknya saja dan juga tindakan kita hari ini akan mempengaruhi kondisi bumi di masa depan. Kurang lebihnya adegan dalam film-film ini seperti bumi membeku, daratan menghilang, kekeringan yang berkepanjangan, banyak makhluk hidup yang punah, dan beberapa kejadian yang menjurus ke akhir zaman.   Bukan sekedar fantasi lagi seperti di dalam film, perlu kalian ketahui bahwa tanda-tanda perubahan iklim juga sudah semakin di depan mata. Co

[BLOG GIIAS] Mobil Impian Yang Akan Menjadi Nyata



GIIAS 2017 hanya tinggal menghitung hari. Bagi kamu yang belum tahu apa itu GIIAS, GIIAS adalah Gaikindo Indonesia International Auto Show. Mungkin arti sederhananya adalah Pameran Mobil. Jadwalnya sudah ditetapkan yaitu, tanggal 10-20 Agustus. Jadi segera catat tanggalnya bagi kamu yang mau datang ke acaranya langsung. Pribadi, saya sangat ingin datang. Namun saya masih ada kegiatan penting yang tidak bisa ditinggalkan. Tapi tidak apa-apa, tetap semangat.

Dan pada kesempatan ini saya akan membagikan tulisan “Teknologi Mobil Impian Kamu”. Sebagai lulusan Sekolah Menengah Kejuruan Otomotif, tentunya saya punya teknologi mobil impian versi saya sendiri. Saya bahkan telah membicarakan mobil impian saya dengan teman sewaktu masih duduk dibangku sekolah, jauh sebelum tulisan ini dibuat. Tidak perlu berlama-lama lagi, mari simak penjelasan dari saya.

Desain
Masih ingat dengan GIIAS tahun 2015? Pada waktu itu Honda memamerkan mobil Honda BR-V. Apa yang membuat saya melirik Honda BR-V? Jawabannya adalah Desain. Desain yang ditawarkan oleh Honda memang membuat saya jatuh hati. Sederhana tapi nyaman dilihat. Mobil Honda BR-V ini ternyata muat untuk 6 orang. Tapi jika dilihat secara baik-baik, desainnya terkesan minimalis. Nah, itulah yang saya inginkan. Desain minimalis tapi satu keluarga masuk tanpa harus berdesak-desakan. 

Sumber : honda-indonesia.com

Hal lain yang saya inginkan terjadi di masa depan adalah, desain mobil yang bisa menyimpan energi matahari. Tentunya kita tidak akan terus menerus bergantung pada minyak bumi. Oleh karena itu, energi matahari bisa kita manfaatkan sebagai tenaga mekanik untuk mobil. Di Indonesia sendiri, kita bisa mengandalkan energi matahari pada musim panas. Hanya dengan menjemur mobil dibawah terik sinar matahari, kita bisa langsung merubah energi surya menjadi energi mekanik lewat desain mobil masa depan.

Keamanan
Sering saya mengikuti training otomotif di bengkel resmi. Disitu saya sering diberi tahu oleh insturktur bahwa, keamanan berkendara adalah nomor satu. Memang sudah banyak mobil yang memakai teknologi terbaru agar terhindar dari yang namanya kecelakaan. Menurut saya, faktor yang paling berpengaruh dalam terjadinya kecelakaan mobil adalah adanya Human Error. Jadi saya beranggapan bahwa kita yang harus dimanjakan oleh mobil kita agar kita terhindar dari kecelakaan. Hal yang paling saya inginkan adalah teman bicara. Teman bicara disini bukan hanya manusia saja, tetapi komputer. 

Sumber : Aquila-style.com

Pernah lihat film Tony Stark sangat akrab sekali dengan asisten pribadi-nya yaitu Jarvis? Pasti pernah. Inilah yang bisa kita aplikasikan ke dalam mobil. Mobil masa depan dipasang asisten pribadi untuk menemani kita bicara. Tujuannya adalah agar meminimalisir terjadinya kecelakaan ketika kita sedang berkendara tunggal. Teknologi ini juga mungkin bisa melakukan pengereman otomatis ketika kita sedang mengantuk. Dan hal yang paling modern adalah mobil masa depan saya bisa melakukan indentifikasi pada pengemudi jika ada yang janggal. Contohnya adalah melakukan “mogok jalan” ketika pengemudi sedang mabuk dengan adanya pemberitahuan tanda bahaya jalan.

Mobil Darat dan Laut
Mungkin tidak semua orang suka dengan laut. Alasan tidak bisa berenang dan takut tenggelam adalah faktor utama. Namun saya menginginkan sebuah mobil masa depan dengan teknologi yang bisa bergerak di air. Kenapa tidak mobil terbang saja? Karena disini saya memperhitungkan faktor gravitasi. Ketika kita mempunyai mobil yang bisa terbang dan terjadi error pada mesin, maka kita akan terjatuh dari ketinggian. Jika pun mobil itu mempunyai parasut, pasti parasutnya akan sama besarnya dengan mobil tersebut karena parasut tersebut harus bisa menahan berat mobil yang sedang terjatuh. Hal ini akan membuat mobil tambah berat dan tidak nyaman dikendarai. Beda halnya dengan mobil yang bergerak di air.

Sumber : Watercar.com

Mobil yang bergerak air akan tetap mengapung dengan teknologi canggihnya. Jikalau pun mobil tenggelam, kita masih berada didalam mobil yang dipenuhi oleh oksigen. Teknologi inilah yang saya inginkan di masa depan. Walau sudah ada tapi pembuatannya masih belum massal.

Energi Listrik Menjadi Energi Mekanik
Lelah rasanya ketika mengerjakan mobil yang sedang Overhaul Engine. Harus buka Block Cylinder, menurunkan Transmisi, buka Cylinder Head, kecipratan oli dan masih banyak lagi. Ingin rasanya mempunyai mobil yang tidak perlu Overhaul Engine. Mungkin dengan cara mengubah sistem energi panas menjadi energi listrik. Contohnya adalah ketika kita membuka kap mesin, kita langsung disuguhi pemandangan tidak terlalu banyaknya komponen yang terbuat dari logam. Kita bisa menggunakan energi listrik sebagai alternatif. 

Sumber : bbc.com

Memang energi listrik sangat beresiko ketika terjadi nya konsleting. Tapi setidaknya kita bisa menghemat logam yang banyak terbuang karena sudah aus. Sebenarnya sudah banyak mobil zaman sekarang yang menggunakan listrik, tapi di Indonesia sendiri ini masih jarang. Sangat bisa terealisasi jika konsumsi masyrakatnya mau diubah. Karena bisa mengurangi polusi udara disekitar kita.

Teknologi Touch Screen

Sumber : youtube.com

”Every Window of My Car Could be Touch Screen”
 ini adalah keinginan terkahir saya. Teknologi Window Touch Screen ini bisa berfungsi untuk mengatur suhu AC, memutar Audio (khusus di bangku belakang), informasi suhu ruangan, merubah jendela menjadi Dark Mode atau pun sebaliknya dan masih banyak lagi. Teknologi ini hanya bersifat informasi yang disajikan di dalam layar. Bagi khusus di bangku belakang, jendela yang ditampilkan bisa sebagai hiburan bagi anak-anak.

http://log.viva.co.id/iframe?fref=gc

Itulah teknologi mobil impian saya. Memang ada beberapa yang mungkin bisa terjadi dan ada juga yang harus menunggu lebih lama lagi untuk bisa terjadi. Tapi semua itu di masa yang akan datang pasti akan bisa kita nikmati. So, Rise of The Future Mobility.




Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Aisatsu dan Kehidupan di Jepang

•Bab Selingan Pada bab selingan ini saya akan membagikan tata cara salam dalam Bahasa Jepang dan kehidupan orang Jepang. Seperti kita ketahui bahwa orang Jepang itu ramah tamah. Mereka sangat menghargai satu sama lain. Dalam pekerjaan, Budaya mengantri, rasa empati yang menurut saya cukup tinggi. Di Jepang sendiri, pekerjaan sekecil apapun akan dihargai. Akan dibayar. Mereka akan selalu mengucapkan otsukaresamadesuta ketika selesai bekerja. Karena mereka menghargai pekerjaan orang lain. (otsukaresamadesuta = kerja bagus/terima kasih untuk hari). Satu yang buat saya kagum adalah, mereka sangat menghargai waktu. Sangat. Karena waktu adalah uang. Dan uang adalah kehidupan. Di Jepang jika kita tidak kerja kita tidak akan hidup. (yah itu dimana mana juga sama sih). Tapi menurut pengalaman Sensei saya yg pernah magang ke Jepang, bahwa orang Jepang itu sangat gila akan pekerjaan. Banyak sekali orang yg rela lari lari di pagi hari supaya tidak ketinggalan kereta agar tidak terlambat m

Perubahan Diri dan Perubahan Iklim

  Sumber : Iberdrola Apakah kalian pernah menonton film yang berhubungan dengan isu-isu perubahan iklim? Saya sering. Entah kenapa saya sangat tertarik menonton film-film yang menjurus ke akhir zaman. Walaupun film-film ini menimbulkan rasa gelisah dan khawatir, itu membuat saya realise, bahwa hal-hal yang ditampilkan dalam film tersebut bisa saja terjadi dan waktu yang tinggal menjawab.  Film-film yang berhubungan dengan isu lingkungan ini sebenarnya ingin memberikan pesan positif kepada penontonnya. Bahwa kita sebagai penghuni bumi tidak bisa bertindak seenaknya saja dan juga tindakan kita hari ini akan mempengaruhi kondisi bumi di masa depan. Kurang lebihnya adegan dalam film-film ini seperti bumi membeku, daratan menghilang, kekeringan yang berkepanjangan, banyak makhluk hidup yang punah, dan beberapa kejadian yang menjurus ke akhir zaman.   Bukan sekedar fantasi lagi seperti di dalam film, perlu kalian ketahui bahwa tanda-tanda perubahan iklim juga sudah semakin di depan mata. Co